Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Kolesterol

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Kolesterol – Ingin tahu apa arti angka-angka itu bagi jantung dan kesehatan Anda? Inilah yang harus Anda ketahui tentang kadar kolesterol darah Anda, dan bagaimana cara mengendalikannya. Untuk

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Kolesterol – Ingin tahu apa arti angka-angka itu bagi jantung dan kesehatan Anda? Inilah yang harus Anda ketahui tentang kadar kolesterol darah Anda, dan bagaimana cara mengendalikannya. Untuk dapat mengetahui bagaimana kolesterol dapat mempengaruhi kesehatan Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui memahami apa sebenarnya arti kolesterol itu sebenarnya .

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Kolesterol

invisibleillnessweek – Menurut American Heart Association (AHA), kolesterol adalah zat lilin yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membangun sel dan membuat vitamin serta hormon lainnya. Tubuh Anda membuat semua kolesterol yang dibutuhkan di hati Anda. Tapi Anda juga bisa mendapatkan kolesterol dalam makanan yang Anda makan. Sumber makanan kolesterol terutama produk hewani dan meliputi:

  • Daging
  • Susu penuh lemak
  • Unggas

Makanan ini mengandung kolesterol makanan. Namun, mereka juga cenderung tinggi lemak jenuh dan trans dan memicu hati untuk membuat lebih banyak kolesterol. Makanan lain, seperti minyak sawit, minyak inti sawit, dan minyak kelapa , mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan apa yang disebut kolesterol “jahat”.

Baca Juga : Ketahui Tentang Cara Pengobatan Kanker Mulut 

Bagi sebagian orang, makanan ini merupakan sumber utama peningkatan kolesterol darah. Karena makanan khas Barat sarat dengan makanan ini, peningkatan kadar kolesterol telah menyebabkan epidemi masalah kesehatan yang terkait dengan kolesterol tinggi, kata Trejo Gutierrez, MD , seorang ahli jantung di Mayo Clinic di Jacksonville, Florida.

Meskipun beberapa ahli membantah hubungan langsung antara kadar kolesterol darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (CVD) , organisasi besar seperti National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) menyatakan bahwa kadar kolesterol darah yang tinggi berperan dalam perkembangan kondisi seperti aterosklerosis , penyakit arteri karotis, penyakit arteri koroner , serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, dan henti jantung mendadak.

Jenis Kolesterol dan Cara Kerjanya di Tubuh Anda

Kolesterol diangkut melalui sirkulasi dalam dua lipoprotein: lipoprotein densitas tinggi (HDL), juga disebut kolesterol “baik”, dan lipoprotein densitas rendah (LDL), juga disebut kolesterol “jahat”. HDL telah diberi label kolesterol “baik” karena menghilangkan kolesterol LDL dari arteri dan membawanya ke hati, di mana ia dapat dipecah dan dikeluarkan dari tubuh, menurut AHA .

LDL disebut kolesterol “jahat” karena ketika ada terlalu banyak yang beredar dalam darah (lebih dari yang dapat diambil dan diangkut oleh HDL yang baik), akhirnya dapat menumpuk serta menyebabkan plak di dinding arteri Anda. . Ini disebut aterosklerosis. Seiring waktu, ini mempersempit arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer, catat AHA.

Tingkat trigliserida yang tinggi jenis lemak paling umum di tubuh Anda juga dapat menyebabkan penumpukan lemak di arteri Anda dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, jika dikombinasikan dengan kadar kolesterol LDL atau HDL yang tinggi , menurut AHA.

Mengapa Beberapa Orang Lebih Mungkin Memiliki Kolesterol Tinggi Dibandingkan Orang Lain?

Memahami mengapa beberapa orang memiliki angka kolesterol tinggi dan yang lainnya tidak, tidak sesederhana kelihatannya. Misalnya, sementara orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung memiliki kolesterol tinggi, orang kurus juga bisa memilikinya, catat AHA . Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol Anda:

Keturunan

Suatu kondisi yang disebut familial hypercholesterolemia (FH) dapat membuat beberapa orang secara genetik rentan terhadap kadar kolesterol jahat yang tinggi. Ada dua jenis FH: heterozigot, di mana seseorang mewarisi gen abnormal hanya dari satu orang tua; dan homozigot, di mana orang tersebut memiliki dua salinan gen perut, satu dari setiap orang tua.

FH homozigot lebih jarang dan lebih berbahaya. Orang dengan FH tidak mendaur ulang kolesterol LDL secara efektif dan berakhir dengan kadar kolesterol jenis ini yang tinggi, membuat mereka lebih rentan terhadap aterosklerosis, seringkali dimulai pada usia yang jauh lebih muda. Sekitar 1 dari 200 orang dewasa memiliki mutasi genetik FH, menurut AHA . Jika tidak diobati, orang-orang ini memiliki risiko 20 kali lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Jika Anda memiliki orang tua, saudara kandung, atau anak yang menderita FH atau yang mengalami serangan jantung di awal kehidupan, Anda disarankan untuk melakukan tes untuk kondisi tersebut. (Mayoritas pasien FH membutuhkan obat penurun kolesterol seperti statin untuk menjaga angka kolesterol mereka dalam kisaran yang sehat.)

Merokok

Meskipun merokok tidak secara langsung menyebabkan kolesterol tinggi, itu dengan sendirinya merupakan risiko utama yang terbukti untuk penyakit jantung dan stroke. Risiko itu meningkat jika Anda juga memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi. Salah satu alasannya adalah merokok menurunkan kadar HDL Anda, membantu mengurangi atau menghapus bentuk efek perlindungan kolesterol itu, menurut AHA .

Berhenti merokok memiliki manfaat langsung pada kesehatan jantung Anda. Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomarker Research menemukan bahwa kadar HDL meningkat segera pada orang yang berhenti merokok.

Diet

Ketika berbicara tentang apa yang Anda makan, cara terbaik untuk menurunkan kolesterol Anda adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, menurut AHA, yang merekomendasikan untuk membatasi lemak jenuh hingga kurang dari 6 persen kalori harian dan meminimalkan jumlah kalori. lemak trans yang Anda makan. Ini berarti mengurangi daging merah, minyak tropis, makanan yang digoreng, dan produk susu penuh lemak.

Sebaliknya, pilihlah produk susu rendah lemak atau bebas lemak, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati nontropis. Minyak goreng yang lebih sehat termasuk kanola, jagung, zaitun, kacang tanah, safflower, kedelai, bunga matahari, minyak sayur, dan minyak khusus lainnya, catat AHA . Sebagai aturan umum, kata Dr. Gutierrez, “konsumsilah makanan yang sebagian besar didasarkan pada makanan nabati utuh dan rendah lemak jenuh dan hewani.”

Fakta Tentang Obat Penurun Kolesterol

Jika Anda dan dokter Anda merasa bijaksana untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, Anda mungkin akan diberi resep obat statin. Pedoman yang dikeluarkan oleh AHA dan American College of Cardiology pada tahun 2019 mengatakan bahwa keputusan untuk memulai terapi statin harus didasarkan pada perhitungan risiko penyakit kardiovaskular Anda selama 10 tahun. (Lihat kalkulator risiko di sini.)

Angka kolesterol, kata Gutierrez, hanyalah sebagian dari gambaran, “walaupun rekomendasi terbaru mengatakan bahwa dengan adanya diabetes Anda harus memulai pengobatan ketika LDL lebih tinggi dari 70 mg/dL.” Dia juga menunjukkan bahwa penting untuk terlebih dahulu mencoba melakukan perubahan gaya hidup , seperti:

  • Mengkonsumsi makanan yang lebih sehat
  • Berolahraga
  • Berhenti merokok
  • Mengontrol tekanan darah

Penting juga untuk dicatat bahwa perubahan gaya hidup tersebut tidak boleh ditinggalkan hanya karena Anda sedang minum obat. Obat statin bekerja dengan dua cara, kata Gutierrez. “Mereka memblokir enzim yang membantu Anda memproduksi kolesterol di hati, dan mengaktifkan reseptor LDL di sel hati Anda, sehingga lebih banyak kolesterol ‘ditangkap’ dari darah Anda.”

Selain obat statin, kelas baru obat penurun kolesterol yang disebut inhibitor PCSK9 telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS pada tahun 2015 untuk mengobati orang dengan hiperkolesterolemia familial dan faktor risiko lainnya. Inhibitor PCSK9 adalah antibodi monoklonal yang bekerja untuk menonaktifkan protein di hati yang disebut proprotein convertase subtilisin-kexin tipe 9 (PCSK9), mengurangi jumlah LDL yang beredar di tubuh Anda.

Kolesterol dan Penyakit Jantung: Memahami Hubungannya

Selama bertahun-tahun, diyakini bahwa ada garis lurus antara kolesterol dan penyakit jantung – tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa hubungan ini mungkin lebih kompleks. Sebuah studi Yayasan Jantung Minneapolis, yang diterbitkan pada April 2017 di Journal of American Heart Association , menemukan bahwa banyak orang yang mengalami serangan jantung tidak memiliki kolesterol tinggi.

“Hubungan antara kolesterol dan penyakit jantung lemah,” kata Dr. Roberts, yang menyalahkan sebagian besar kegigihan kaitan tersebut pada iklan farmasi untuk obat statin. “Statin menurunkan kadar kolesterol,” katanya, “tetapi aterosklerosis masih berkembang” karena faktor-faktor seperti usia, pola makan yang buruk, merokok, dan sebagainya.

Selain itu, ulasan studi tentang kolesterol dan penyakit kardiovaskular yang diterbitkan pada Agustus 2015 di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa tidak ada hubungan ketat yang dapat ditarik antara asupan kolesterol makanan dan risiko CVD.

Sebaliknya, hasil penelitian jangka panjang, yang diterbitkan pada September 2017 di jurnal Circulation , menyimpulkan bahwa penggunaan statin pada pria dengan kolesterol LDL tinggi yang tidak memiliki faktor risiko lain untuk penyakit jantung mengurangi tingkat kematian akibat penyakit jantung koroner, kematian kardiovaskular. , dan semua penyebab kematian sebesar 28 persen selama 20 tahun.

Selanjutnya, sebuah penelitian terhadap lebih dari 400.000 orang yang diterbitkan pada Desember 2019 di The Lancet menemukan hubungan kuat antara kolesterol non-HDL dan risiko jangka panjang penyakit kardiovaskular.

Namun, ketika menyangkut kesehatan jantung, faktor risiko terbesar Anda adalah usia, kata Roberts. Untuk menjaga risiko kolesterol tinggi Anda serendah mungkin dan jantung Anda sesehat mungkin selama Anda bisa, makanlah makanan yang nyata (tidak diproses), berolahraga secara teratur, jangan merokok, dan jaga tekanan darah Anda tetap terkendali.