Apakah Kanker Penyakit Kronis?

Apakah Kanker Penyakit Kronis? – Dalam dunia medis, definisi penyakit kronis bervariasi, dan pekerjaan sedang dilakukan untuk memperluas payung penyakit yang dapat diklasifikasikan sebagai kronis. Pekerjaan ini penting karena menciptakan bahasa bersama untuk penyedia layanan

Apakah Kanker Penyakit Kronis? – Dalam dunia medis, definisi penyakit kronis bervariasi, dan pekerjaan sedang dilakukan untuk memperluas payung penyakit yang dapat diklasifikasikan sebagai kronis. Pekerjaan ini penting karena menciptakan bahasa bersama untuk penyedia layanan kesehatan dan pasien.

Apakah Kanker Penyakit Kronis?

invisibleillnessweek – Ketika tingkat kelangsungan hidup meningkat, lebih banyak pasien kanker akan hidup dengan kanker untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini dapat mempengaruhi pandangan Anda tentang penyakit dan rencana perawatan Anda. Seringkali, ini bisa menjadi hal yang positif. Misalnya, HIV, yang dulunya merupakan penyakit fatal, sekarang dianggap kronis karena ada pengobatan yang memperpanjang harapan hidup orang yang HIV-positif.

Baca Juga : Tips Mengobati Sakit Kanker Dengan Baik dan Benar

Menurut sebagian besar definisi, kanker adalah penyakit kronis karena memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh sebagian besar otoritas kesehatan: itu adalah kondisi berkelanjutan yang dapat kambuh, memerlukan perhatian/pengobatan medis, dan mempengaruhi aktivitas hidup sehari-hari. Seringkali, tidak ada obatnya.

Tidak semua kanker dapat dikategorikan sebagai kronis, tetapi kanker yang sedang berlangsung dan dapat diwaspadai serta diobati dapat digolongkan sebagai kanker kronis. Kanker seperti ovarium, leukemia kronis, beberapa limfoma, dan bahkan beberapa kanker yang telah menyebar atau kembali seperti payudara metastatik atau prostat juga menjadi kanker kronis. Meskipun hidup dengan penyakit kronis jenis apa pun bisa sulit, prospek pasien kanker yang hidup dengan kanker kronis jauh lebih baik daripada tahun lalu.

Definisi Penyakit Kronis

Meskipun ada banyak tumpang tindih dalam definisi penyakit kronis, masih ada variasi dalam definisi ini di antara organisasi dunia yang melacak statistik penyakit dan memberikan informasi kepada mereka yang hidup dengan penyakit kronis. Setiap organisasi memiliki definisi mereka sendiri ketika memutuskan bagaimana mengkategorikan penyakit kronis.

Organisasi Kesehatan Dunia

WHO mendefinisikan penyakit kronis sebagai penyakit tidak menular yang bertahan dalam jangka waktu lama. Mereka adalah hasil dari kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. Dengan definisi ini, WHO menganggap kanker sebagai penyakit kronis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)

CDC mendefinisikan penyakit kronis secara luas sebagai setiap kondisi yang berlangsung satu tahun atau lebih dan memerlukan perhatian medis berkelanjutan atau membatasi aktivitas kehidupan sehari-hari atau keduanya. Di AS, penyakit jantung, kanker, dan diabetes adalah beberapa penyakit kronis yang paling umum.

Masyarakat Kanker Amerika

American Cancer Society memandang kanker sebagai penyakit kronis ketika kanker dapat dikendalikan dengan pengobatan, menjadi stabil, atau mencapai remisi. Seringkali, ketika kanker dianggap kronis, ia akan berpindah dari remisi ke kekambuhan dan perkembangan dan kembali ke remisi.

Kanker kemudian menjadi kondisi kronis yang dapat dikendalikan dengan pengobatan. Perawatan ini mungkin termasuk operasi, kemoterapi, atau radiasi dan diputuskan antara pasien dan penyedia layanan kesehatan. Ketika membuat keputusan ini, kualitas hidup dan kemungkinan sukses dipertimbangkan.

Pusat Statistik Kesehatan Nasional AS

Pusat Statistik Kesehatan Nasional AS mendefinisikan penyakit kronis sebagai penyakit yang berlangsung selama tiga bulan atau lebih. Dengan demikian, kanker dianggap sebagai penyakit kronis.

Bisakah Kanker Disembuhkan?

Meskipun tidak ada obat untuk kanker, prognosisnya tetap baik. Sebagian besar penyedia layanan kesehatan tidak akan memberi tahu Anda bahwa Anda sudah sembuh, bahkan setelah periode remisi yang lama, karena ada kemungkinan sel kanker tetap ada di tubuh Anda dan kanker akan kembali suatu hari nanti. Dalam pengertian itu, Anda kemudian hidup dengan penyakit kronis tetapi tidak sembuh.

Jenis Kanker yang Bisa Menjadi Kronis

Ketika pengobatan untuk kanker meningkat dan tingkat kelangsungan hidup meningkat, lebih banyak pasien kanker yang hidup dalam fase kronis penyakit. Setelah diagnosis awal kanker, Anda mungkin menjalani perawatan untuk mengendalikan, menghentikan, atau menghilangkan kanker. Ketika perawatan ini selesai, Anda mungkin mengalami remisi atau mencapai keadaan stabil di mana kanker tidak menyebar dan dapat dipantau atau diobati.

Pada titik ini, Anda mungkin menganggap kanker Anda sebagai kanker kronis. Sama seperti pasien yang hidup dengan diabetes atau penyakit jantung, Anda akan memiliki rencana perawatan dan pemantauan untuk kanker. Meskipun Anda mungkin tidak pernah sepenuhnya sembuh, Anda mungkin berumur panjang dengan penyakit ini.

Jenis kanker kronis yang paling umum adalah kanker ovarium, payudara, prostat, dan kanker darah tertentu. Namun, bukan berarti kanker lain tidak bisa dianggap kronis. Hidup dengan kanker dapat dilihat sebagai rangkaian dari diagnosis, pengobatan, pengamatan berkelanjutan dan pengobatan lebih lanjut, ke fase terminal akhir. Ketika kanker dianggap kronis, Anda berada dalam keadaan di mana kanker Anda stabil atau terkontrol.

Pengobatan Kanker Kronis

Karena perawatan telah meningkat selama bertahun-tahun, banyak orang hidup lama dengan kanker. Diagnosis kanker tidak lagi segera dianggap sebagai penyakit terminal, sebaliknya, banyak kanker dapat dianggap kronis. Dalam kasus ini, pengobatan harus dilihat sebagai cara untuk memperpanjang dan mempertahankan kualitas hidup.

Jika Anda melihat kanker sebagai penyakit kronis, Anda dapat melihatnya sebagai sesuatu yang dapat dikendalikan. Pengobatan kanker kronis bervariasi berdasarkan tujuan individu dan kemungkinan hasil. Tujuan utama dari mengobati kanker kronis adalah untuk mengelola penyakit dengan cara yang meminimalkan efek negatif pada hidup Anda.

Ketika Anda dapat melihat kanker dengan cara yang sama seperti pasien asma melihat penyakit mereka bahwa tidak ada obatnya, tetapi cara untuk mengelola gejalanya Anda mungkin dapat menyesuaikan pandangan yang lebih positif. Ketika dihadapkan dengan diagnosis yang tidak ada obatnya, belajar mengelolanya dalam jangka panjang dapat membantu Anda mengatasi ketidakpastian.

Pengobatan untuk kanker kronis hampir sama dengan pengobatan untuk semua jenis kanker. Tujuannya di sini adalah untuk meminimalkan gejala dan meningkatkan kualitas dan panjang hidup. Tergantung pada diagnosis kanker spesifik Anda, Anda mungkin menerima satu atau lebih dari perawatan berikut, baik secara bersamaan, berturut-turut, atau menyebar dari waktu ke waktu.

Operasi

Pembedahan digunakan untuk menghilangkan kanker dari tubuh Anda. Ini sering digunakan pada tumor atau massa yang dapat dengan mudah dikeluarkan dari tubuh. Ini juga dapat digunakan untuk mengangkat bagian tumor agar pengobatan lain lebih efektif. Terkadang operasi digunakan sebagai pengobatan paliatif untuk mengangkat tumor yang menyebabkan rasa sakit atau tekanan.

Terapi radiasi

Terapi radiasi digunakan untuk mengecilkan tumor dan membunuh sel kanker. Ini juga dapat memperlambat pertumbuhan dengan merusak DNA sel kanker. Ada batasan seumur hidup untuk terapi radiasi untuk setiap bagian tubuh dan ini akan dipertimbangkan saat mengembangkan rencana perawatan Anda.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan berbasis obat yang bekerja dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dapat mengecilkan tumor sebelum operasi atau terapi radiasi, menghancurkan sel kanker yang tersisa setelah operasi atau radiasi, dan membunuh sel kanker yang telah kembali.

Imunoterapi

Imunoterapi dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan kanker. Ini adalah terapi biologis yang meningkatkan kemampuan sistem kekebalan Anda sendiri untuk menghancurkan sel kanker.

Terapi Hormon

Terapi hormon memperlambat atau menghentikan pertumbuhan kanker yang menggunakan hormon untuk tumbuh seperti kanker payudara dan kanker prostat. Terapi ini digunakan untuk mencegah atau meredakan gejala pada penderita kanker prostat dan dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan kanker. Ini juga dapat mengurangi kemungkinan kanker akan kembali.

Transplantasi Sel Induk

Transplantasi sel punca tidak bekerja dengan menghancurkan kanker secara langsung, melainkan memulihkan kemampuan Anda untuk memproduksi sel punca yang mungkin telah dihancurkan oleh kemoterapi atau perawatan radiasi. Namun, dalam kasus multiple myeloma dan beberapa jenis leukemia, transplantasi sel induk dapat bekerja untuk menghancurkan kanker itu sendiri.

Apa pun rencana perawatan yang Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda putuskan, ingatlah bahwa kanker Anda adalah penyakit kronis dan Anda tidak selalu ingin menghilangkannya sepenuhnya, tetapi menjalaninya dengan cara yang menjaga kualitas hidup Anda tetap tinggi.